TERNYATA ADA RIBUAN BAHAN BACAAN GRATIS, LO!

TERNYATA ADA RIBUAN BAHAN BACAAN GRATIS, LO!

Ditulis Oleh : Saufi Azka - 11 Januari 2021

“Kak Anggi, sudah dapat novel dan referensi yang kakak bilang ditugaskan Bu Isnaini kemarin?”

“Sudah dong, banyak lagi”

“Wah, keren kak. Aku pun dapat tugas yang sama dari bu Isnaini di kelasku nyari buku cara bertenak ikan cupang. Satu saja susah, apalagi sekarang sudah malam. Dapat dari mana kakak?”

“Di Taman Bacaan Masyarakat Azka la”

“O.. yang di Jalan Paria Siumbut-umbut itu ya kak?”

“Nah itu kamu tahu”

“Temani aku ya Kak, Aku mau pakai jilbab dulu, biar langsung ke sana kita ya”

“Waddduh!!! Inikan udah malam. TBM Azka yang dikelola pak Saufi itu ga buka sampai malam. Teruss ngapain kamu mau pakai jilbab segala, Ha? Kamu itu laki-laki, Bambaaang!!”

“Jadi gimana dong? Kan aku semangat sekali. Besok tugasnya harus sudah dikumpul ni. Bantuin aku ya, kamu pinjamin aku buku yang kamu pinjam dari Taman Baca Azka itu ya”

“Ndak bisa dong, soalnya aku minjamnya atas namaku. Kalau aku pinjamkan ke kamu, aku ga amanah. Lagian aku minjam buku apa, kamu butuhnya buku apaa, dasar Bambaang”

“Duuhhh, gimana ini”

“Tenaaaang. Kan ada Ipusnas”

“Haaa, apa? Ipusnas itu apa?

---

Tanggal 23 Nopember 2020 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan, diadakan acara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Provinsi/Kabupaten/Kota tahun 2020. Acara dinarasumberi oleh Kepala Dinas Perpustakaan kearsipan Sumut Harlen Purba, Ketua komisi X DPR-RI Prof Djohar Arifin, dan Deputi Bidang pengembangan Sumber daya perpustakaan dari Perpustakaan Nasional RI yang juga sebagai pembicara kunci Drs. Deni Kurniadi, M.Hum. Saya sampaikan dalam kesempatan tanya jawab Sumut harus menduplikasi penerapan I-Pusnas agar setiap orang dapat membaca buku yang ada di perpustakaan daerah di seluruh sumatera utara. Artinya antara I-Pusnas dan i-Daerah saling melengkapi. Hal ini tak berlebihan, karena duplikasi serupa juga telah dilakukan oleh daerah lain di luar sumatera utara seperti Jakarta dengan I-Jakarta dan lainnya.


Hal pertama yang saya sampaikan terkait menulis, adalah membaca. Boleh jadi bagi yang sudah terbiasa membaca, selalu menjadi kewajiban menyisihkan sejumlah anggaran untuk belanja buku baru setiap bulan. Namun, bila yang tak sempat dan belum menyisihkan anggaran belanja buku setiap bulan gimana? Ipusnas jawabannya.


Nah, udah tahu tentang Ipusnas? Bila sudah, Alhamdulillah. Mari kita gaungkan terus semangat membaca. Bila belum saya jelasin dikit ya. Nanti kalau udah digunakan, masih kurang paham menggunakannya, boleh kok komentar pada kolom ini.


Ipusnas ini adalah aplikasi perpustakaan nasional RI dalam bentuk digital. Kita ga perlu repot keluar rumah untuk meminjam buku, meski sudah tengah malam bukunya dibutuhkan. Tinggal pencet aplikasi Ipusnas, cari judul atau genre yang diinginkan, pinjam, dan pasti bisa baca dong. Seru kan?


Caranya gimana bisa dapat aplikasi ini? Gunakan gawai kamu, buka aplikasi playstore dan cari Ipusnasnya, unduh. Kerennya, aplikasi ini gratis. Setelah itu kamu bisa daftar dengan alamat email atau facebook. Ketikan email atau alamat facebook di kolom yang disediakan lalu klik daftar.


Sayangnya, kalau kamu mau baca buku penulis terkenal, kamu harus rela antri minjamnya. Bisa gitu minjam dari aplikasi harus pakai antrian segala? Coba deh kalau ga percaya!


John Doe
Saufi Azka
Pegiat literasi Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Senang menulis, dan membaca peta, peta kehidupan.

Artikel Terkait

Tagline Lawan Unesco, Sebagai Bentuk Suatu Jawaban

Banyak Sekali Data-data Yang Tersebar, Terkait Minat Baca Anak Indonesia Yang Masih Terus Dikatakan Rendah Dan Selalu Di Presentasikan. Menilai Anak-anak Dari Semua Kalangan Di Indonesia Masih...

Gerakan Literasi, Beberapa Catatan

Geliat Gerakan Literasi Di Indonesia Kian Hari, Kian Gencar Terdengar. Melalui Media Daring, Televisi Maupun Media Cetak. Pun Munculnya Beberapa Komunitas, Club Baca Ataupun Pustaka Bergerak...

Pisang Apa

Pisang Apamasa Pandemi Benar-benar Membuat Kantong Teriris-iris. Tidak Sekedar Kantong Sebenar-benarnya Kantong, Pun Begitu Kantong Hati. Bila Iman Tak Hinggap Dada, Ingin Rasanya Berusaha Di Luar...

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul