Semarak Lomba Akhir Tahun: Refleksi Kegembiraan Dan Kesehatan Dalam Perlombaan

Kebersamaan Panitia dan Peserta Lomba, 26-12-2020

Ditulis Oleh : Ahmad Zainuri - 21 Januari 2021

Semarak Lomba Akhir Tahun: 

Refleksi Kegembiraan dan Kesehatan Dalam Perlombaan


Wuluhan—Dalam menyambut tahun baru masehi 2021 para Pemuda Gumuk Asem bersatu untuk membuat sebuah semarak lomba religi dan tradisional di lingkungan Gumuk Asem, Dusun Karangsono, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Wuluhan. Lomba ini merupakan sebuah bentuk rasa syukur kepada Allah yang masih memberikan sebuah kesempatan kepada masyarakat Gumuk Asem khususnya dan umumnya untuk masyarakat Indonesia dalam menyambut pergantian tahun dengan keadaan sehat wal afiat. Di pergantian tahun ini dari Pemuda Gumuk Asem kemudian berinisasi untuk membuat sebuah acara yang indah, acara yang untuk kebersamaan, acara untuk membangun perdamaian dan membangun solidaritas sosial masyarakat Gumuk Asem dan sekitarnya. Rasa syukur kedua ialah Allah masih memberikan nikmat badan sehat yang sehingga tercetuslah sebuah agenda besar yakni Semarak Lomba Religi dan Tradisional 2021.

Tepatnya pada tanggal 26-28 Desember 2020 acara lomba tersebut akan dilaksanakan. Lomba tersebut diinisiasi oleh Pemuda Gumuk Asem sebagai bentuk perwujudan dalam perayaan akhir tahun sekaligus memperingati akhir semester santri-santri PP. Nurul Fataa Tanjungrejo. Ini merupakan momentum yang luar biasa dan menggembirakan. Pasalnya di masa pandemi ini tidak berani seluruh elemen masyarakat mau menyelenggarakan sebuah kegiatan yang besar dan meriah. Namun, inisiatif dari Firman selaku ketua panitia usul ketika kegiatan pengajian bulanan “rek aku usul pye lak akhir tahun gae kegiatan lomba” dengan riang gembira para rekan-rekan pemuda menjawab “iya” dengan penuh kompak.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan sebuah hiburan kepada masyarakat Gumuk Asem dengan sumpeknya di masa pandemi ini, sehingga kegiatan yang semarak, ramai nan menyehatkan dan ramah ya dengan mengadakan lomba tersebut. Kebingungan pertama dalam rapat panitia lomba ialah pada tataran pendanaan. Kita semua berembuk dan memikirkan bersama bagaimana estimasi dana tidak membengkak dan bisa diminimalisir dengan kondisi saat ini. Setelah itu disepakati bahwa dimulai dengan membentuk kepanitian dan proposal, pembentukan panitia berlangsung santai dan berhasil dengan suguhan-suguhan makanan ringan di rumah Mas Andi, selaku sekertaris panitia.

Setelah pembentukan kepanitiaan kemudian langsung direncanakan rapat lanjutan untuk menindak lanjuti hal-hal perlombaan, ujar Firman. Rapat pertama di laksanakan di rumah Mas Andi, rapat kedua di rumah Adinda. Setelah mengahsilakan sebuah keputusan bahwa dana diambilkan dari sumbangsih sedekah dari masyarakat sekitar. Dengan estimasi maksimal hanya ratusan ribu dan alhamdulillah bisa melebihi target. Setelah data-data perbelanjaan mulai dipersiapkan perihal apa saja yang menjadi bahan-bahan untuk lomba, perlengkapan sekaligus untuk hadiah. Setelah terkumpul dan perbelanjan sudah siap, tinggal membagi untuk hadiah-hadiah lomba beserta kategorinya. Untuk kegiatan lomba kedua ini, Pemuda Gumuk Asem membuka lomba cabang religi, dan alhamdulillah antusias para santri sangat gembira, mereka merasa tertantang dan lebih semangat dalam belajar. Saya terima kasih untuk seluruh Pemuda Gumuk Asem telah mengadakan lomba religi ini, ujar Bu Yayuk—selaku ustadzah di PP. Nurul Fataa. 

Kemeriahan yang tidak bisa dibendung, dengan luapan masyarakat yang sangat ramai. Di hari pertama dalam perlombaan antusias tidak terlalu ramai, karena juga banyak masyarakat, terutama ibu-ibu dan bapak-bapak banyak yang di ladang dan di sawah. Ketika menjelang perlombaan malam terakhir lomba pada tanggal 28 Desember 2020, dengan beragam lomba yang di mainkan, malam itu terasa meriah, semaraknya masyarakat menyalakan api semangat untuk berkompetisi dalam lomba, karena hadiahnya pun juga luar biasa, jadi semua elemen masyarakat yang ikutserta lomba mereka juga semangat dalam perlombaannya. Adapun nanti ada beberapa lomba-lomba tradisional dan religi yang akan dimainkan oleh beberapa kelompok masyarakat antara lain, bapak-bapak, ibu-ibu, dan anak-anak. Untuk lomba-lomba yang diperlombakan antara lain, lomba tartil, hafalan, kaligrafi, adazan ini kategori lomba religi. Untuk kategori lomba anak ada lomba makan krupuk, lomba klereng, lomba ambil koin, lomba pecah balon, rias wajah, karung helm. Kategori untuk umum perempuan antara lain, lomba balap tampah, rias wajah, gendong rinjing, bola joget, balon punggung, dan kategori untuk umum laki-laki antara lain, lomba tarik tambang, bola joget.

Acara ini merupakan acara yang menjadi sebuah kegiatan dalam menyatukan perbedaan dan sebagai acara untuk kesehatan, keceriaan dan kebugaran sekaligus kecerdasan. Dengan harap bahwa Semarak Lomba Religi dan Tradisional nantinya menjadi sebuah acara dan kegiatan yang bisa memberikan event dalam merayakan dan menyemarakkan masyarakat lingkungan Gumuk Asem. Semoga berkah dan manfaat, terutama hadiahnya..Aamiin.



Tim Redaksi: Tim Pemuda Gumuk Asem

Penulis: Ahmad Zainuri

Fotografer: Tantri, Adinda

Layout: Tim Pemuda Gumuk Asem


John Doe
Ahmad Zainuri
Biasa aja,

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul