Sekilas Tentang Taman Baca NDC

Picture by Nias Dream

Ditulis Oleh : Nias Dream - 26 Maret 2020

Membaca adalah sebuah proses untuk dapat mengenal kata-kata dan memadukan menjadi arti kata dan menjadi kalimat dan struktur baca. Membaca merupakan satu proses yang harus di tumbuhkan pada masyarakat terutama anak-anak agar mendapatkan ilmu yang memadai dan menunjang kehidupan yang berkualitas. Minat membaca atau dikenal dengan istilah LITERASI dimaksudkan untuk melakukan kebiasan berpikir yang diawali dengan proses membaca, lalu menulis dan pada akhirnya menciptakan karya.

Pentingnya pengembangan minat dan kebiasaan membaca atau sering diistilahkan dengan LITERASI pada masyarakat tidak mudah diwujudkan, perlu ada proses yang panjang dan berkesinambungan. Selain itu, memerlukan perhatian serius dari pemerintah dan pihak-pihak yang peduli pentingnya membaca. Salah satu faktor yang membatasi gerakan LITERASI adalah infrastruktur yang tidak tersedia, seperti perpustakaan daerah, taman bacaan, buku-buku, alat tulis dan sumber daya manusia (tutor).  Hal inilah yang melatarbelakangi pendirian rumah baca “NIAS DREAM CENTER”.


NIAS DREAM CENTER adalah salah satu rumah baca yang didirikan di Kepulauan Nias. Arti kata “Dream Center” adalah tempat, rumah atau ruang impian. Dengan kata lain Nias Dream Center adalah tempat, rumah atau ruang dimana anak-anak dapat bermimpi tentang cita-cita atau masa depan mereka. 


MAKSUD

Adapun maksud diadakannya rumah baca “NIAS DREAM CENTER” adalah untuk mentransformasikan Anak-Anak Nias menjadi SDM yang unggul di segala bidang.


TUJUAN

Adapun tujuan dari rumah baca “NIAS DREAM CENTER” adalah:

  1. Mengubah pola pikir anak-anak Nias tentang pentingnya dunia pendidikan sebagai tolak ukur dalam memajukan perekonomian.
  2. Memberikan pemahaman tentang pentingnya wawasan sebagai kunci kesuksesan
  3. Memberikan kegiatan-kegiatan bermutu yang mampu menumbuhkan kreatifitas


SASARAN

Sasaran dari rumah baca “NIAS DREAM CENTER” adalah:

  1. Peserta Didik TK dan SD
  2. Peserta Didik SMP dan SMA
  3. Peserta Didik Perguruan TinggiMasyarakat Umum lainnya.


Kegiatan yang saat ini dilakukan adalah mengajari anak-anak TK untuk mengenal huruf dan angka serta menggambar, untuk anak-anak SD sampai SMA selain kegiatan membaca, disediakan fasilitas bimbingan belajar Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.


John Doe
Nias Dream
"Berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar maka pengetahuannya akan bertambah"

Artikel Terkait

Belajar Tauhid Dari Corona

Menyebarnya Virus Corona Atau Covid-19 Ke Penjuru Negeri, Telah Membuat Manusia Heboh Oleh Berita Atau Opini Yang Tersebar Di Tengah Masyarakat, Khususnya Di Jagat Maya.dampaknya Adalah Rasa...

Senandung Yang Hilang

Senandung Tidak Lagi Kudengar, Hilang Seiring Kian Larutnya Malam,seiring Hembus Sayup-sayup Udara Menjelang Isya.senandung Itu Semakin Lama Semakin Menghilang Suaranya,entah Kapan Lagi...

Tetap Membaca, Bermain Dan Belajar Di Rumah...

Dengan Adanya Himbauan Dari Pemerintah Terkait Pencegahan Dan Antisipasi Penyebaran Covid 19 (corona) Untuk Menghindari Keramaian Bahkan Meliburkan Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah Selama 14...

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul