Resensi Singkat Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia

Picture by An Jun

Ditulis Oleh : An Jun - 03 Juli 2020

Judul Buku : Rumah Tanpa Jendela
Penulis : Asma Nadia
Penerbit : Republika
Halaman : 214

Novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia ini merupakan salah satu novel yang begitu menyentuh hati saya.


Novel ini menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Rara yang mempunyai mimpi sederhana yaitu tinggal di rumah berjendela.


Mengambil kawasan Setinggan sebagai latar tempat utama menjadikan saya seperti seolah-olah ikut merasakan menjadi orang yang tidak berada.


Novel ini termasuk novel yang cocok dibaca untuk semua kalangan usia, karena selain gaya bahasanya yang ringan, novel ini juga memiliki banyak pesan dan nilai-nilai kehidupan yang realistis.


Dari kisah ini, saya belajar bahwa tiada yang mustahil di dunia ini jika Tuhan mengizinkan. Perihal mimpi, mimpi itu bisa terwujud apabila memaksimalkan ikhtiar dan doa. Dan tawakal terhadap ketentuan Tuhan setelah ikhtiar dan doa itu wajib.


Novel ini pun mengajarkan saya arti sebuah kesederhanaan dan rasa syukur yang amat dalam terhadap kehidupan yang saya jalani, karena di dunia ini masih banyak orang yang amat kurang berkecukupan. Dan masih banyak pula orang yang berkecukupan dalam hidup namun tidak bahagia.


Berkat kreativitas yang dimiliki penulis, penggambaran keseluruhan cerita pun menjadi sangat apik. Ditangan Asma Nadia, kisah yang kelihatannya sederhana ini menjadi luar biasa.



Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul