Profil TBM Omah Buku Desa Blondo

Picture by TBM Omah Buku

Ditulis Oleh : TBM Omah Buku - 30 April 2020

PROFIL TBM OMAH BUKU DESA BLONDO

TBM Omah Buku Desa Blondo yang berlokasi di Kabupaten Magelang didirikan dengan kesadaran penuh warga masyarakat sendiri menyikapi kritisnya minat baca tersebut. Ini merupakan salah satu contoh inisiatif warga sendiri, yang mendirikan sebuah rumah baca tanpa menunggu disuruh atau diperintah oleh aparat pemerintah.

Karena itu, segala bentuk geliat kegiatannya adalah murni gagasan-gagasan asli yang bottom up, dan bukan sebaliknya. Dampak yang jelas terlihat dari fenomena ini adalah bahwa segala kegiatan yang berlangsung di Omah Buku sangat terbebas dari kepentingan soal pendanaan dan fasilitas. Dengan segala aspek pendukung yang serba minimalis pun, banyak hal bisa dilakukan.

Dan yang lebih istimewa lagi, soal dana tak pernah menjadi alasan untuk mengerjakan atau tidak mengerjakan sesuatu. Saat mayoritas orang baru mau bangkit bekerja hanya bila kepadanya dijanjikan imbalan dalam jumlah besar, para pegiat rumah baca termasuk di TBM Omah Buku rela keluar dana dari kantong sendiri untuk melakukan banyak kerja. Dan ini terus dilakukan dengan penuh semangat sukarela dengan atau tanpa pengakuan dari aparat birokrasi dalam tingkat terdekat, yaitu lembaga desa atau kelurahan.

Maka karena didukung dengan semangat volunteer tersebut, banyak kegiatan dan hal-hal yang ada dalam TBM Omah Buku relatif dapat berlangsung kontinu dan konsisten. Ini tentu lain dari aktivitas-aktivitas yang berorientasi bisnis dan proyek, di mana jika di dalamnya mulai ada tanda-tanda bahwa dukungan dana atau imbalan tak lagi memadai—atau bahkan lenyap sama sekali—maka semangat dan antusiasme kerja pun meredup hingga mati sama sekali.

TBM Omah Buku sendiri berawal dari semata pos baca yang berlokasi di pos siskamling RT 5/RW II di Dusun Randugunting, Desa Blondo, Kabupaten Magelang. Pos ini mulai beroperasi sejak bulan Agustus 2015. Dari rintisan pos baca yang sangat sederhana ini, lama-lama kami dapat berkembang membesar sehingga bermetamorfosa menjadi TMB pada bulan Juni 2016, dengan mengambil nama Omah Buku, istilah dalam bahasa Jawa yang berarti rumah buku. Pada saat yang bersamaan, TBM Omah Buku diizinkan untuk menempati bangunan bekas balai desa lama.

Perlahan tapi pasti, kemajuan TBM Omah Buku dalam eksistensinya menggerakkan minat baca dari lingkungan warga setempat makin membaik. Mulai tahun 2017, TBM Omah Buku telah resmi mendapatkan suntikan finansial dari dana desa. Hal ini tentu saja berdampak pada kuantitas jumlah buku yang dimiliki. Hingga saat ini, TBM Omah Buku telah mengoleksi tak kurang dari 3.500 judul buku. Pengelola TBM Omah Buku juga diberi tanggungjawab oleh Kepala Desa untuk mengelola dan mengembangkan perpustakaan desa Blondo.

Secara lokasi, TBM Omah Buku berada tak jauh dari pertigaan Blondo pada ruas jalan utama Magelang-Yogyakarta, yaitu pada Jl. Soekarno-Hatta yang lurus menuju ke Candi Borobudur, salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang terkenal itu. Bekas balai desa lama Desa Blondo yang ditempati TBM Omah Blondo berada pada gang yang berada tepat di sisi kiri kompleks Sekolah Tinggi Theologia Magelang. Tak akan terlalu susah menemukan tempatnya pada aplikasi Map. Sebagai sebuah rumah baca yang melayani banyak pengunjung, sudah pasti segala fasilitas kelengkapan terus-menerus dibenahi dan ditingkatkan. Saat ini beberapa fasilitas penunjang yang ada di TBM Omah Buku adalah meliputi ruang baca, dapur, ruang rapat, mushola, dan kamar mandi/WC. Fasilitas bangunan ini dilengkapi dengan satu unit komputer, sound system, pesawat televisi, juga peta & globe. Tak ketinggalan pula koleksi khusus perpustakaan berupa 122 keping VCD dan DVD interaktif, alat-alat permainan tradisional, dan juga buku-buku berhuruf Braille serta kamus bahasa isyarat. Namun saat ini beberapa ruangan seperti ruang tamu, ruang rapat dan musholla tidak ada lagi dikarenakan terdampak pembangunan kios desa. Namun kedepan sudah dijanjikan oleh Pemerintah Desa, TBM akan dibuatkan tempat yang lebih representatif misalnya dengan membuat bangunan dua lantai. Lantai bawah untuk sekretariat dan sarana ruang pendukung dan lantai atas untuk ruang baca dan kegiatan literasi.

Dan tentu tak lengkap apabila TBM Omah Buku beroperasi hanya sekadar mengajak warga setempat khususnya anak-anak untuk gemar membaca cukup dengan hanya mengundang dan menyediakan tempat. Berbagai kegiatan pun dikerjakan, seperti bedah buku, workshop menulis, jelajah sejarah desa & percandian, workshop batik & kerajinan, juga mendirikan stand & booth di arena-arena pameran maupun kegiatan car free day di Magelang. Dengan pengurus dan relawan berjumlah 7 orang dari remaja sekitar Dusun Randugunting, TBM Omah Blondo sudah berada dalam ruas jalan yang benar untuk mewujudkan masyarakat sekitar yang semakin gemar membaca. Dan tujuan berikutnya adalah menularkan semangat gemar membaca itu ke lingkup lain yang lebih besar dan luas.

Profil TBM Omah Buku

Nama TBM                          : Omah Buku

Alamat                                   :

-         Jalan                      : Jl. Raya Magelang-Yogya Km.7,5

-         RT/RW                   : 04/02

-         Dusun                    : Randugunting

-         Desa                       : Blondo

-         Kecamatan            : Mungkid

-         Kabupaten                   : Magelang

-         Provinsi                : Jawa Tengah

Nomor HP Ketua                 : 0896-7364-6736

TBM Berdiri                          : Tahun 2017

Nomor Ijin Pendirian           : 184.182/8/KEP/13/2018 (SK Kepala Desa)

Tanggal Ijin                          : 4 Januari 2018



John Doe
Tbm Omah Buku
TBM Omah Buku Desa Blondo berdiri sejak 2017. Ketua Budi Susilo. Juara I Lomba TBM Kab Magelang 2019. Buka layanan setiap hari.

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul