PERPUSTAKAAN DAPAT MEMBENTUK JIWA ENTREPENEUR

Picture by Fagesssa Dinasty

Ditulis Oleh : Fagesssa Dinasty - 17 Maret 2021

Perpustakaan saat ini menjadi suatu kebutuhan yang sangat masif di seluruh Indonesia, akan tetapi buku menjadi suatu hal yang sangat pelik bagi setiap pembaca apa lagi bagi setiap relawan yang bergerak menyediakan buku-buku bacaan untuk dapat memberi suatu informasi baru dan pengetahuan baru. Perpustakaaan juga selain dapat menyediakan bahan buku bacaan yang beragam namun masyarakat sangatlah susah untuk membicarakan soal akomodasi, apalagi harus berjalan dengan waktu menuju perpustakaan daerah.


Melihat suatu perkembangan yang sangat masif tentang Literasi. Para relawan membuat suatu wahana bergerak untuk mendatangi masyarakat dengan membawa suatu buku dan masih banyak lagi. Tentang edukasi yang ditawarkan dalam halnya suatu ekonomi. Ekonomi di masa pendemi seperti ini mengalami suatu penerunan yang amat drastis bahkan diseluruh penjuru dunia. Mayarakat kita masih belum siap untuk meningkatkan suatu ekonomi diangka 4.0.


Jiwa entrepeneur dibentuk untuk menghadapi suatu sector lini kehidupan demi menantang suatu permasalahan.dengan pembentukan suatu karakter. Termasuk dalam karakter wirausaha dan kepribadian serta kehidupan sosial dan pengembangan karir. Masyarakat juga nantinya akan dibimbing dalam bentuk kegiatan pengembangan kopetensi dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat dan kondisi.


Penting bagi semua masyarakat untuk tidak takut dalam menghadapi risiko. Masyarakat harus bisa mempelajari apa yang harusnya dilakukan sebelum melakukannya. Akan tetapi ketika tidak siap untuk melakukan maka semangat untuk menerapkannya semuanya adalah sia-sia. Maka sangat penting untuk melakukan sesuatu, walau hanya membaca sejumlah buku. Agar pembentukan suatu karakter dapat terbentuk.


Entrepeneur sebuah usaha harus bisa mengambil sebuah keuntungan tanpa harus bergantung kepada orang lain yang lebih memperhatikan pentingnya suatu pemasukan. Ini juga yang harus perlu diantisipasi kepada suatu pelayanan perpustakaaan untuk berani oper tanggung jawab dalam menghadapi suatu permasalahan yang amat serius. Masyarakat harus selalu dibimbing dalam melakukan suatu hal yang kreatif dan berinovatif.


Peluang perpustaakaan juga selain menyediakan buku untuk masyarakat demi menambah wawasan, perlu juga untuk mengadakan suatu diskusi, agar kinerja otak dapat dipersunting atau dipercantik. Sehingga dunia dapat menghargai kinerja otak suatu bangsa atas karya-karya yang telah dicapai.


Masyarakat Indonesia sekarang harus sudah siap untuk menghadapi suatu sector ekonomi global yang terus berkembang diberbagai media, masyarakat Indonesia harus diajarkan suatu perkembangan bisnis yang cepat untuk meningkat suatu ekonomi agar bisa mengikuti jalannya suatu perkembangan penjualan barang disosial media.


Mulai saat ini masyarakat dan peran perpustakaam harus diberi motivasi untuk meraih sebuah mimpi tentang jiwa suatu enterpreneurship. Agar supaya sebagai sebuah cita-cita perpustakaan dapat membentuk jiwa enterpreneur itu bisa terwujud. Peran perpustakaan harus dibagi dalam perkembangannya disetiap desa atau kecamatan, agar desa yang tertinggal dapat menikmati suatu program yang sudah dirancang kepada perpustakaan daerah itu sendiri atau bahkan relawan yang bergerak kesemua lini. 


Hadirnya Pustaka Bergeak Indonesia mampu menjaring suatu masyarakat madani yang secara sukarela untuk membangun kekuatan dan kemandirian masyarakat lokal dalam menyebarkan bahan bacaan bermutu dan membangun budaya ilmiah dari berbagai latar belakang Mahasiswa, wartawan, seniman, tukang tambal ban, tukang rawat kuda dan masih banyak lagi. Hadirnya Pustaka Bergerak Indonesia adalah berbagi pengan dan banyak hal ksusunya dalam kemajuan literasi.

Namun melihat pergerakan ini, hadirnya Pustaka Bergerak Indonesia juga yang mempunyai banyak simpul diseluruh penjuru sedikit mengurangi suatu beban kepemerintahan dan tetap bermitra sebagai kerjasama dalam penambahan suatu sarana baik berupa buku atau pun barang. Ini juga menjadi sebuah trobosan dan cita-cita bangsa dalam berperan khususnya sebagai pembentukan suatu jiwa entrerpreneur yang mampu bersaing dan mampu memberi dampak lebih bukan hanya bagi masyarakat lokal yang mendengar akan tetapi kelak dunia yang mendengar.


Karena yang terpenting dari perpustakaan adalah didukung dengan internet. Internet ini adalah search engine yang memiliki watak revolusioner. Tentang suatu informasi tanpa batas, search engine yang semakin pandai menstrukturkan suatu informasi dan tuntutan besar partisipasi. 


 




Artikel Terkait

Perempuan Dan Pernikahan

Perempuan Selalu Menjadi Sasaran Utama Di Masyarakat. Mereka Sering Kali Diterkam Dengan Segudang Pertanyaan Mengenai Dirinya. Perempuan Lajang Selalu Akan Dihujani Pertanyaan 'kapan Kamu Nikah?'....

Sesudah 2004 Dan Sikap Kita Atas Bencana

Siang Itu, Pak Syamsuddin, Tuan Rumah Tepat Kami Tinggal Selama Dua Bulan Menjalani Kuliah Kerja Lapangan (kklp), Datang Tergesa Yang Disambut Heran Oleh Istrinya. Kami Mendengar Perbincangan...

Turun Gunung

Turun Gunungada Keindahan Dalam Hutanada Hutan Dalam Keindahandiantara Ribuan Bahkan Jutaan Pohon Cengkehrumah-rumah Kobong Berdiri Kokohdi Sela-sela Pohon Saguada Nyanyian Para Burungberjalan...

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul