Penyuluhan Budidaya Sapi Potong Sebagai Wujud Layanan Informasi Rumah Baca Berlian

Picture by Sri Winarni

Ditulis Oleh : Sri Winarni - 30 Juli 2021

Perpustakaan Rumah Baca Berlian Pekon Kanoman Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan sebuah acara sosialisasi atau Penyuluhan Budidaya Sapi Potong yang dilaksanakan pada Kamis, 29 Juli 2021. Target peserta sosialisasi ini adalah perwakilan kelompok tani ternak sapi Pekon Kanoman. Acara ini dibuka dengan sambutan langsung oleh Sri Winarni pengelola Perpustakaan Rumah Baca Berlian dan Kepala Pekon Kanoman Bapak Ashari Patnoto.

Dalam sambutanya, pengelola Perpustakaan Rumah Baca Berlian Pekon Kanoman Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan budidaya sapi potong ini dihadiri oleh petani ternak sapi, dan menghadirkan nara sumber utama yakni Bapak Drh. Tyas P. Yoga dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Semaka Tanggamus dengan didampingi oleh rekan kerjanya Bapak Agus Adipura. Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud pelibatan masyarakat dalam rangka menfasilitasi kebutuhan masyarakat berupa layanan informasi dibidang peternakan sehingga membawa dampak atau hasil yang lebih baik dengan mengoptimalkan bahan dan sumber daya alam yang ada di sekitar wilayah Pekon Kanoman dan sekitarnya.

Kepala Pekon Kanoman Bapak Ashari Patnoto pun mengajak agar masyarakat sekitar menjadikan Perpustakaan Rumah Baca Berlian ini sebagai pusat kegiatan dan rujukan teknologi tepat guna bidang layanan informasi misalnya di bidang pertanian, peternakan, kesehatan, dan lain-lain. Setelah sosialiasi ini, warga diharapkan dapat menambah opsi lebih bagi para peternak sapi dalam pemberian pakan ternak-ternaknya. Selain itu juga, beliau menghimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi covid 19 ini.

acara yang berlangsung cukup sederhana dimulai dari pukul 09.30 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Mulai dari sambutan pengelola perpustakaan Rumah Baca Berlian, Kepala Pekon Kanoman, dan langsung pada penyampaian materi oleh Bapak Drh. Tyas P. Yoga dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Semaka Tanggamus sebagai acara inti dan juga dibuka sesi tanya jawab/diskusi seputar masalah peternakan sapi.

Hadirin terlihat sangat antusias, sehingga acara dapat berjalan dengan lancar. Drh. Tyas P. Yoga menginformasikan pada petani ternak sapi dapat menerima suatu inovasi teknologi budidaya sapi potong. Pengelolaan usaha sapi potong memiliki beberapa strategi seperti pemilihan bibit sapi, klasifikasi bahan pakan, pengenalan bahan baku pakan ternak, manajemen pakan ruminan, formulasi pakan, pencegahan dan pengendalian penyakit serta pemanfaatan limbah pertanian yang dapat meningkatan produktifitas ternak, evaluasi pakan dan kontrol kualitas pakan.

.

‘#Salam Literasi

#Literasi Untuk Kesejahteraan




Artikel Terkait

Menyalakan Literasi Kala Bdr

Memasuki Tahun Pelajaran 2021/ 2022 Perdebatan Mengenai Pembelajaran Tatap Muka Di Sekolah Masih Menjadi Polemik. Hal Ini Diawali Sikap Pemerintah Menyalakan Lampu Hijau Pembukaan Sekolah Di Awal...

Bergerak Dalam Waktu

Membaca Buku Dapat Menumbuhkan Suatu Kreativitas Menulis, Melalui Peristiwa-peristiwa Wahana Bergerak Di Segala Penjuru Tanah Air Ini Dengan Berbagai Aneka Ragam Yang Tentunya Berbeda-beda....

Revolusi Perpustakaan : Pustaka Bergerak Indonesia

Saat Ini Ada Banyak Cara Memahami Revolusi. Ada Revolusi Teknologi Dan Informasi, Revolusi Atom Atau Nuklir, Namun Akan Lebih Bagus Dalam Penyebaran Suatu Tragedi-tragedi Adalah Revolusi...

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul