Mewarnai, Alternatif Relaksasi Di Tengah Pandemi

Peserta kelas mewarnai berpose bersama hasil karyanya

Ditulis Oleh : Syilva Muslimah - 08 Februari 2021

Semenjak siang anak-anak telah berdatangan ke TBM Sou Mpelava. Sebagian mengaku sengaja datang lebih awal agar tidak terlambat. Tampaknya mereka sudah tak sabar mengikuti kegiatan kelas mewarnai kali ini. "Cepat sekali datang. Kegiatannya kan nanti sore, jam tiga." kata salah satu relawan kami yang tengah sibuk mengatur jarak meja dan kursi. Kami telah menyepakati bahwa kegiatan pertama TBM Sou Mpelava & Sanjayo di awal tahun 2021 ini harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap peserta diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun sebelum kegiatan dimulai, dan menjaga jarak fisik.

Sejak disampaikannya pemberitahuan mengenai kegiatan mewarnai yang akan dilaksanakan di TBM Sou Mpelava pada Jumat 22 Januari 2021 jam 15.00-17.00 WITA, anak-anak telah menyambut dengan antusias. Sebagian dari mereka bahkan mengutus orang tuanya untuk memastikan keabsahan informasi. Beberapa orang tua datang bertanya tentang biaya pendaftaran. Sebagian lagi bertanya tentang hadiah apa yang akan diperoleh. Ada pula yang mengira bahwa kegiatan ini merupakan lomba. Kami sampai harus membuat unggahan khusus di Facebook TBM Sou Mpelava untuk menjawab hal-hal yang sering ditanyakan seputar kegiatan menggambar dan mewarnai.

Kegiatan dimulai sekitar pukul tiga sore. Meski telah ditegaskan untuk memakai masker, nyatanya masih ada juga beberapa orang anak yang lupa membawa maskernya. Untungnya kami telah memprediksi hal-hal seperti ini dan menyiapkan masker cadangan. Setelah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, anak-anak diarahkan untuk duduk di kursi yang jaraknya telah kami atur. Guna menghindari berkumpulnya banyak anak, kami memutuskan untuk memulai kegiatan tanpa menunggu seluruh pendaftar yang berjumlah 35 orang terkumpul.

Kami membagi kategori gambar anak berdasarkan umur dan tingkat pendidikan mereka. Anak usia PAUD mendapat gambar yang simpel dengan tema Protokol Kesehatan COVID-19. Masih dengan tema yang sama, peserta usia SD (kelas 1-3) diberi gambar yang lebih variatif, sedangkan usia SD (kelas 4-6) hingga SMP ditantang mewarnai gambar untuk dewasa.

Hingga pukul 5 sore para peserta masih terus berdatangan. Sebagian anak yang telah lebih dulu menyelesaikan gambarnya melanjutkan kegiatan dengan mendengarkan dongeng yang dibawakan oleh relawan kami yang bernama Fitri. Setelah seluruh peserta selesai mewarnai, kelas ditutup dengan sesi foto-foto. Setiap peserta dipotret sambil memegang gambar hasil karyanya. Ekpresi lucu anak-anak itu dapat teman-teman lihat di Facebook TBM Sou Mpelava.

Kelas mewarnai seperti ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan di TBM Sou Mpelava minimal sekali dalam satu tahun. Hal ini bertujuan untuk membangun keakraban antar anak-anak, para relawan, dan masyarakat sekitar. Selain itu kegiatan mewarnai juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak dan kesehatan mental pada orang dewasa. Terlebih di masa pandemi corona yang membuat segala aktivitas terbatas, mewarnai dapat menjadi salah satu alternatif relaksasi untuk mengurangi tingkat kejenuhan dan stres.

Selain menjadi kegiatan pertama yang dilaksanakan pada tahun 2021, kelas mewarnai kali ini merupakan kegiatan kedua TBM Sou Mpelava yang digelar di masa pandemi corona setelah membuka lapak baca pada Juli 2020 lalu. Kelas mewarnai ini juga menandai dibukanya kembali TBM Sou Mpelava setelah beberapa lama ditutup. Tetap menerapkan protokol kesehatan jika berkunjung ke TBM kami ya, Kakak.


John Doe
Syilva Muslimah
Orang Pelawa yang bercita-cita ke Arab Saudi

Artikel Terkait

Kiki: Sudah Kubaca Semua, Tak Ada Lagi Buku...

“sudah Kubaca Semua. Tak Ada Lagi Yang Menarik.”         kalimat Bernada Keluhan Itu Datang Dari Seorang Pengunjung Setia Tbm Sou Mpelava....

Jendela Dunia Untuk Anak-anak Kat Suku Lauje

Hari Beranjak Sore Ketika Motor Yang Membawa Kami Tiba Di Dusun Gianang, Desa Lombok Barat. Waktu Itu Awal Desember 2019. Saya Dan Teman-teman Datang Membawa 100 Buku Bacaan Untuk Anak-anak...

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul