Membingkai Perpustakaan Rumah Baca Berlian Dalam Transformasi Berbasis Inklusi Sosial

Picture by Sri Winarni

Ditulis Oleh : Sri Winarni - 21 Juli 2021

Membingkai Perpustakaan Rumah Baca Berlian

dalam Transformasi Berbasis Inklusi Sosial

 

Video merupakan salah satu media komunikasi massa yang digunakan sebagai sarana pencerdasan kehidupan bangsa, pengembangan potensi diri, pembinaan akhlak mulia, pemajuan kesejahteraan masyarakat, serta wahana promosi literasi. Video memiliki peran penting dalam proses  keberdayaan suatu masyarakat.


Hari ini Sabtu, 17 Juli 2021 Perpustakaan Rumah Baca Berlian yang ditunjuk oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanggamus menjadi tempat pembuatan Video Dokumenter. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari dari Sabtu- Minggu,17 – 18 Juli 2021. Saat proses pengambilan Video Dokumenter Perpustakaan Rumah Baca Berlian masyarakat sekitar sangat antusias. Hadir pada kegiatan pembuatan video tersebut antara lain Bapak Johan Wahyudi.MS,S.IPem,ST,MT, Bapak Hengki Ampera,SE dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanggamus, Kaur Perencanaan dan Pembangunan Pekon Kanoman Bapak Ermanto, dan Kak Bayu Angga, Kak Iqbal Sunni, Kak Bayu Seto client  Bapelitbang & Dinas Perpusda Kabupaten Tanggamus. Selama kegiatan berlangsung tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pemerintah Pekon Kanoman dalam hal ini sangat mendukung segala kegiatan yang sedang atau yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Umum Rumah Baca Berlian terutama dalam berliterasi atau membaca buku-buku yang relavan. Selain itu, kami juga mendorong masyarakat untuk mengunjungi Perpustakaan Umum Rumah Baca Berlian dalam rangka membaca buku guna menambah, menggali pengetahuan dan atau informasi yang berkaitan dengan peluang-peluang kegiatan usaha untuk menambah pendapatan keluarga seperti membaca buku cara pembuatan minyak kelapa dan lain-lain “, ucap Bapak Ashari Patnoto Selaku Kepala Pekon Kanoman.      

                                                                                                                                                                                                                                                                 

Kegiatan ini pun diharapkan mampu membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memberikan edukasi kepada masyarakat yang ada di kabupaten Tanggamus. Selain itu juga, diharapkan agar masyarakat di seluruh Kabupaten Tanggamus dapat dengan mandiri mengangkat potensi-potensi yang dimiliki baik potensi alam dan budaya yang divideokan sekaligus menjadi salah satu media promosi dan pengenalan daerah kepada khalayak luas. Pembuatan Video Dokumenter nantinya akan menjadi koleksi audiovisual Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanggamus, sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat tanpa terkecuali.

Menurut Bapak Johan Kabid Pembinaan Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanggamus, bahwa pembuatan Video Dokumenter di Perpustakaan Rumah Baca Berlian Pekon Kanoman Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus dinamakan Geliat Ratu yang merupakan program pengembangan dari transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Melalui program ini, Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanggamus berupaya menjangkau semua lini untuk meningkatkan gairah literasi, sehingga memiliki dampak/impact yang besar  baik untuk pengembangan pengetahuan pengetahuan maupun peningkatan ekonomi masyarakat sesuai amanat UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Disisi lain, menurut Kak Bayu Angga Septian,S.Sn selaku Team pembuatan Video Dokumenter Perpustakaan Rumah Baca Berlian Pekon Kanoman Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus menyatakan sangat menyenangkan melakukan produksi video diRumah Baca Berlian,gairah dan antusias anak-anak, warga dan para pengelola membuat kami merasa keluarga sendiri. Kami berharap video ini nantinya dapat menjadi sarana literasi yang dapat mengedukasi dan media motivasi yang dapat direplikasi, sehingga program transformasi perpustakaan ini menjadi primadona di penjuru negeri.

 

Perpustakaan harus mampu menjadi ruang terbuka bagi setiap lapisan masyarakat untuk mencari solusi dalam meningkatkan kualitas hidupnya sesuai dengan kebutuhannya dengan menggunakan dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dan potensi-potensi daerah yang tersedia.

 

#Salam Literasi

#Literasi Untuk Kesejahteraan

 



Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul