Keluarga Literasi Cirebon Bagian Dari Kekuatan Warga

Picture by Fagesssa Dinasty

Ditulis Oleh : Fagesssa Dinasty - 06 November 2020


Keluarga Literasi Cirebon adalah gerakan sosial yang mampu memberikan suatu perubahan pada masyarakat melalui buku-buku ilmu pengetahuan yang dapat bisa dinikmati banyak orang diseluruh penjuru tanah air ini. Bahwa masyarakat masih sangat aktif untuk menemukan banyak hal, jika buku benar-benar ada dihadapan. Ini semua menjadi suatu rasa prihatin atas keresahan sehingga kawan-kawan bisa melakukannya dengan berbagai macam hal. Ada pedati yang kawan bawa, ada sepeda yang kawan bawa, ada gerobak angkringan yang kawan buat untuk menyediakan bahan bacaan kepada pembeli dan masih banyak lagi.


Melihat sektor ini tentu pergerakan bukan hanya melalui buku-buku yang dibawa melainkan ada suatu kegiatan kreatifitas seperti menulis, mendongeng, membaca puisi, mewarnai dan masih banyak lagi. Pengembangan suatu kreatifitas ini adalah bagian untuk membuat warga itu nyaman dengan apa yang kawan-kawan berikan.


Kawan-kawan yang bergerak dari Desa ke Desa, Sekolah dan Pesantren melalui sebuah hati nurani dan tanpa digaji. Revolusi perpustakaan yang paling jelas itu adalah didukung dengan internet, internet itu adalah perpustakaan yang paling besar. Yang penting dari sebuah internet itu adalah Search Engine. Search engine ini adalah sebenarnya pustakawan yang memiliki watak revolusioner. Yang pertama adalah informasi bergerak tanpa batas, yang kedua adalah search engine yang makin pandai menstrukturkan informasi, yang ketiga adalah tuntutan besar partisipasi.


Informasi bergerak tanpa batas tetap di share media sebagai suatu kegiatan yang memiliki dampak besar pada masyarakat melalui media sosial. Menstrukturkan suatu informasi dari hari demi hari dan menjadi sebuah partisipasi sebuah pergerakan literasi diseluruh penjuru.


Progres dari sebuah pergerakan itu sendiri didukung dengan adanya sebuah gagasan. Gagasan ini adalah menjadi sebuah daya picu agar tetap continue.



Artikel Terkait

Covid 19 Dan Kearifan Lokal Nusantara

Virus Covid-19 (corona) Sedang Melanda Dunia, Tidak Terkecuali Indonesia. Covid-19 Adalah Penyakit Yang Disebabkan Oleh Jenis Virus Korona Yang Menyerang Saluran Pernapasan, Yaitu Sars-cov-2. Nama...

Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Di...

Dewasa Ini, Dunia Mengalami Pandemi Global Dengan Skala Yang Sangat Besar. Indonesia Termasuk Salah Satu Negara Yang Terdampak Dari Bencana Pandemi Coronavirus Disease Atau Covid-19...

Efektivitas Physical Distancing Untuk...

Pengertian Physical Distancing Menurut Whophysical Distancing Atau Dulu Yang Lebih Dikenal Dengan Social Distancing, Merupakan Salah Satu Protokol Kesehatan Yang Dianjurkan Untuk Dilakukan Oleh...

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul