IDENTITAS.

identitas menunjukkan keberadaanmu.

Ditulis Oleh : MUHAIMIN IHSAN - 01 Juli 2021

Identitas itu sangat diperlukan manusia namun harus dibuktiktan dengan selembar sertifikat. anda memiliki profesi sebagai sopir maka  perangkat yang anda  dibutuhkan satu mobil dan SIM dan ahli mengendarainya. Untuk memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi) maka anda harus mendatangi polres kota mendaftarkan diri untuk memperoleh surat tsb. Nah di polres kota anda harus berhadapan beberapa rintangan antara lain yaitu test teori dan test praktek mengemudi. Test teori merupakan langkah awal untuk mengetes kemampuan anda memahami rambu-rambu dan undang-undang berkendara motor maupun mobil. Test praktik yaitu menaiki motor atau mobil serta dikasih rintangan-rintangan yang tujuannnya untuk mengetes ketrampilan anda ketika menhadapinya. Ketika anda gagal melewati rintangan maka selembar sertifikat belum layak anda pegang kemudian di masukkan dalam dompet doraemon. Kemudian memasuki tahap berikutnya jika anda lulus ujian teori dan praktik maka berfoto setengah badan dan setelah itu baru memperoleh selembar surat ijin mengemudi dari kepolisian. Langkah berikutnya anda dinyatakan profesioanal dalam berkendara oleh pihak tertentu, meskipun anda telah memperoleh selembar sim maka tantangan berikutnya telah menanti, menemui jalan berlubang, jalan menikung, naik turun gunung, jalanan sempit.  untuk menjadi pengemudi profesional setiap hari harus mengembangkan ketrampilan berkendara.

Begitu juga ketika anda memiliki profesi guru. Profesi guru dari tahun ke tahun menjadi primadona dikalangan masyarakat. Sebab menjadi seorang guru juga memiliki semboyan “Guru pahlawan tanpa tanda jasa” tersipu malu ketika mendengarnya. sudahlah gak usah hiruakan ocehan anjing jalannan, teruslah berjalan dan nikmatilah menjadi seorang guru. Proses menjadi seorang guru juga tidak seperti mie instan, proses yang harus dilaluinya mulai dari pendidikan tingkat SD, SMP, SMA hingga S1 S2 bahkan S3. Setiap tahapan pendidikan tersebut anda memperoleh sertifikat Lulus sebagai pengakuan dari sub Dinas Pendidikan. Selama berlumuran darah dalam kawah condrodimuko anda setiap hari bergerlut dengan buku bacaan, catatan manuskrip, serta referensi yang cukup sebagai modal pengembangan wawasan pengetahuan. Untuk menjadikan negara maju menurut hemat saya sangatlah mudah, indonesia harus memiliki pemikiran visi misi 100 tahun mendatang dalam sub bidang antara lain  bidang akademik, Bidang Pemerintahan, Bidang Ketrampilan, Bidang Olahraga, Bidang Perdagangan, Bidang Perikanan, bIdang Perkebunan, Bidang Kehutanan, Bidang Kesenian Jawa, Modern. Pemetaan konsep tersebut sudah diklasifikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan rakyat kita. Sehingga output lulusannya sudah mahir dalam bidangnya masing-masing serta tidak menimbulkan masalah seperti saat ini. Kemudian anda berkecimpung level terkecil dalam lingkup masyarakat yang berakena ragam sudut pandang pemikiran.  masyarakat juga melabeli pekerja kerah putih yang dianggap sebagai orang pintar. Jika aku berfikir maka aku dianggap ada. Makanya seseorang yang memiliki pekerjaan menjadi guru dikultuskan sebagai orang yang kaya pengetahuan dan dijadikan panutan dalam kehidupan sehari hari. Makanya jangan kaget kalau seseorang yang memiliki profesi menjadi guru disegani, di hormati maka membutuhkan pengakuan dari orang-orang disekitarnya baik secara tertulis maupun tidak tertulis.

Pernahkah mendengar tukang kayu ? pernah dong !! Seseorang yang memiliki profesi tukang kayu  juga tidak lepas dari laku  mengenal jenis kayu hingga memahami bentuk, struktur, dan model serat kayu. Jangan memandang  sebelah tukang kayu meski tidak memakan bangku sekolah.sekolah tidah harus berada didalam kelas, serta ilmu diklasifikasi secara fakultatif. oleh  sebab itu Tuhan menyediakan 2 model ayat yang harus dipahami oleh manusia yaitu kitab Teles (Alam Semesta), Kitab Garing (Kitab Suci yang tertulis). kedua ayat tersebut dihidangkan kepada manusia supaya dimasak menggunakan akal dan hati sehingga terciptalah pengetahuan. Dalam pepatah Jawa mengatakan Rasa Kaweruh Manjining Urip(rasa ingin tahu mendakan anda hidup). meskipun anda berprofesi sebagai tukang kayu juga mempelajari matematika misalnya ukuran panjang, lebar dan tinggi dan Volume Ruang. Tak ketinggalan mempelajari Ilmu Kimia misalnya membedakan benda yang tahan air, benda yang lebur dengan air dan benda anti air. wah wah kok begitu luas mbah. masih ada lagi yaitu memepelajari Ilmu Fisika misalkan anda membuat rumah juga harus memiliki keseimbangan beban, jarak soko satu dengan yang lainnya, jarak antara jendela, pintu dll. lah kalau sinkron dengan Ilmu Agama ada singgungannya atau tidak mbah?? pasti dong !! mbok pikir hanya membangun rumah tak mengadung unsur agamanya (religius). anda harus menelisik satu persatu misalkan kayu, kayu ini berasal dari mana, yang menciptakan siapa? untuk siapa ? fungsianya untuk apa dan bagaiman caranya ??? silahkan jawab sendiri disertai pembuktian secara riil. hahah . yang jelas bagi anda tukang kayu anda harus menguasai beberapa ilmu yang telah di paparkan dan mampu melaksanannya dalam wujud laku. Sebab orang lain menilai bahwa anda layak memperoleh status Tukang kayu maka tantangannya membuat satu unit  rumah. manusia dibekali mata untuk mengamati kejadian disekitar supaya memahami makan kehiupan yang sesungguhnya. sudut mata masyarakat fokus terhadap goyangan tangan Tukang kayu menggergaji kayu. kalau dilihat cara bekerjanya dia tukang berkelas layak mendapat gelar profesional. widih cocok ini, say memiliki rencana membuatkan rumah untuk anak saya, jadi tak perlu repot untuk mencari tukang dari luar kota. cukup memakai jasa tukang disekitar rumah, itung-itung berbagi rezeki dengan masyarakat sekitar. Konsep rezeki sudah dijelaskan dalam kitab suci yaitu dari segala arah rezeki itu datang. namun manusia wajib berusaha untuk menemukan rezeki tsb melalui jalan yang kamu senangi.

Panas panas e srengenge kui kang nguliti awak iki naging sih panas rasane nyawang kedadean iki (Lirik Lagu Cidro 2). Kok juga modern mbah mengikuti lagu Jawa semi modern. modern harus akan tetapi prinsip hidup jangan sampai goyah. Nah anda mengetahui Waranggono (penyanyi) yah lirik diatas salah satu contoh lagu trending saat ini bagi teman-teman yang mengalami percintaan ambyar. Banyak anak muda mengandurungi penyayi Via Valen salah satunya sebab dia memiliki unsur parasnya cantik, giginya ginsul jika ia senyum wajahnya nampak manis alami,  suaranya enak di dengar dan bodynya sexy.Tak hanya via vallen, juga Nella Kharisma, Rina Aditama, Prigel Anjarwening dll. Flasback sebentar dari contoh tokoh tersebut kita harus memahami bahwa untuk memperoleh gelar penyayi harus menempuh laku Thoriqot antara lain olah voal A I U E O, ketahanan mental ketika di panggung, percaya diri, dan goyangan ritmis, tak macam kamu minderan. hahahaha.  Supaya eksis menjadi penyanyi juga memerlukan latihan rutin(dalam istilah agama istiqomah) untuk mencapai derajat kesempurnaan saat pentas. Jangan heran banyak penyanyi sukses dari panggung bawah terop hingga tampil di panggung televisi. itu semua di mulai dari kecintaan serta kesungguhan untuk mendalaminya. kwalitas anda sebagai penyanyi layak diundang maupun tidak tergantung action anda dipanggung. dari situlah betapa pentingnya label indentitas seseorang, sisi lain pung juga menaikkan rating penyanyi tersebut hingga tarif setiap pentas. apalagi ada menjadi penyanyi sekaligus pencipta lagu maka layak memperoleh royalti yang sepantasnya.

Sudah lah anda jangan berfikir ribet-ribet Tuhan menciptakan manusia untuk menjadi kholIfah dibumi kemudian dibekali alam semesta sebagai santapan setiap hari. Sederhanaya hidup hanya makan dan minum. namun yang lebih penting berguru kepada siapapun untuk mengembangkan bakat Spiritual, Ketrampilan hidup. sebab guru yang baik adalah apa dan siapapun yang menghantarkanmu mendekat padaNya. Tuhan hanya melihat anda berproses untuk menjadi manusia sempurnya. hasilnya sukses atau tidak, kaya atau tidak terkenal atau tidak, itu tergantung Tuhan menentukan Kunfayakunnya. nikmatilah peristiwa ledakan takdirmu jangan pernah bosan-bosan untuk berusaha hingga tuhan tidak tega melihat kamu sengsara. sehingga Tuhan meridhoimu dan mengabulkan sindirian-sindiran doa yang kamu panjatkan setiap detik tanpa henti sehingga ia memasukkan kamu dalam konsulat orang-orang dicintai oleh-Nya. bekerja dan berusahalah dengan senang hati rezeki akan mendatangi mu setiap saat, kapanpun, dimanapun anda berada.


Jabung 29 april 2021



John Doe
Muhaimin Ihsan
AKU MELAKUKAN MAKA AKU MEMAHAMI

Artikel Terkait

Bergerak Dalam Waktu

Membaca Buku Dapat Menumbuhkan Suatu Kreativitas Menulis, Melalui Peristiwa-peristiwa Wahana Bergerak Di Segala Penjuru Tanah Air Ini Dengan Berbagai Aneka Ragam Yang Tentunya Berbeda-beda....

Revolusi Perpustakaan : Pustaka Bergerak Indonesia

Saat Ini Ada Banyak Cara Memahami Revolusi. Ada Revolusi Teknologi Dan Informasi, Revolusi Atom Atau Nuklir, Namun Akan Lebih Bagus Dalam Penyebaran Suatu Tragedi-tragedi Adalah Revolusi...

Penyuluhan Budidaya Sapi Potong Sebagai Wujud...

Perpustakaan Rumah Baca berlian Pekon Kanoman Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus Menyelenggarakan Sebuah Acara Sosialisasi Atau Penyuluhan Budidaya Sapi Potong Yang Dilaksanakan Pada Kamis,...

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul