Efektivitas Physical Distancing Untuk Mengurangi Penyebaran COVID-19

Ditulis Oleh : Angeli Sofie - 25 November 2020

Pengertian Physical Distancing Menurut WHO

Physical distancing atau dulu yang lebih dikenal dengan social distancing, merupakan salah satu protokol kesehatan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Physical distancing menurut WHO adalah pembatasan jarak manusia secara fisik saja. Karena physical distancing hanya menjaga jarak secara fisik. Bukan berarti memutuskan hubungan kerabat atau hubungan sosial. Maka sebab itu, sebutan social distancing diubah menjadi physical distancing pada Jum'at, 20 Maret 2020 lalu.


Seiring berjalannya waktu, lama kelamaan jumlah orang yang terinfeksi COVID-19 semakin bertambah jumlahnya dan angka kematian lebih mendominasi daripada angka sembuh di Indonesia. Melihat situasi ini, pemerintah Indonesia tidak tinggal diam saja. Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat untuk mematuhi protol kesehatan yang telah ditetapi untuk selama pandemi ini, salah satunya adalah physical distancing.


Mengapa physical distancing atau menjaga jarak sangat dianjurkan dan masuk ke dalam protokol kesehatan?

Menjaga jarak dianjurkan kurang lebih 2 meter karena dapat menghindari serta mengurangi lajur penyebaran dari COVID-19. Jika salah seorang yang secara tidak sadar terinfeksi virus tersebut atau OTG (Orang Tanpa Gejala) dan tidak menjaga jarak kepada sekitarannya, maka orang yang terinfeksi tersebut akan dengan cepat menularkan virus kepada orang-orang di sekitarannya. Cara penyebaran virus ini adalah melalui tetesan pernapasan atau droplets, terutama ketika orang bersin atau batuk dan jatuh ke suatu tempat, contohnya meja, kemudian ada seseorang yang memegang meja tersebut. Sebab itu, menjaga jarak menjadi salah satu hal yang dianjurkan untuk mengurangi penularan dan untuk menjaga semuanya tetap aman dari virus.


Cara menerapkan physical distancing

Untuk terciptanya tertib melaksanakan physical distancing, perlu kesadaran dari diri kita sendiri dan juga orang lain. Cara melakukan physical distancing dalah dengan:

1. Tidak melakukan kontak fisik seperti berpelukan dan juga tidak bersalaman dengan orang lain.

2. Tidak berkumpul dan berdesak-desakan di tempat umum. Jika terlihat ramai, hindari tempat tersebut dan cari tempat yang lebih sepi.

3. Jika tidak ada sesuatu yang mendesak untuk pergi keluar, sebaiknya jangan bepergian untuk meminimalisir jalur penularan COVID-19.



Artikel Terkait

Cuci Tangan Adalah Budaya Yang Harus Dibangun...

Virus Covid-19 Telah Menyebar Ke Seluruh Dunia, Tak Terkecuali Indonesia, Dimana Kasus Pertamanya Terjadi Di Depok Pada Maret Lalu. Sejak Adanya Pandemi Virus Ini, Masyarakat Dianjurkan Menjaga...

Kurangnya Kesadaran Masyarakat Dalam...

Sudah Lebih Dari 6 Bulan Pandemi Covid-19 Melanda Tanah Air. Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif Di Indonesia Hingga Kini Masih Terus Mengalami Peningkatan. Berdasarkan Data Dari Laman...

Gerakan Literasi Harus Tetap Bergerak

Virus Korona Ini Sungguh Hebat. Lebih Sering Menanjak Dibanding Landai. Sekali Menanjak, Kadang Lama Ke Lembah. Saat Di Puncak, Ia Selalu Meninggalkan Jejak Tangis. Meski Begitu, Pegiat Literasi...

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul