Buku Memuliakan Manusia

Picture by Fagesssa Dinasty

Ditulis Oleh : Fagesssa Dinasty - 24 Desember 2019

BUKU MEMULIAKAN MANUSIA


Oleh Muhammad Assegaf


Upaya dalam pergerakan Literasi di Cirebon semakin marak, semenjak banyak sekali virus tentang semangat Literasi dalam membangun Desa. Meski semua jaringannya tidak di Keluarga Literasi Cirebon (KLC). KLC sendiri dibentuk pada tahun 2018, umurnya sudah berjalan 2 tahun berjalan. Guna adanya KLC ini bertujuan untuk mewadahi setiap penggerak yang ada disetiap Desa, agar dalam menjalin komunikasi dan menambah sarana baca akan sangat mudah, entah dalam barter buku misalnya.


MINAT BACA

Minat baca di Indonesia sampai saat ini masih dibilang cukup rendah. Dengan masih banyaknya isu yang terus dipresentasikan oleh orang-orang ahli teori dan perpustakaan daerah itu sendiri. Melihat hasil ini kawan-kawan Keluarga Literasi Cirebon menyangkal itu. Bahwasannya minat baca di Indonesia masih sangat tinggi dan antusias untuk membaca jika buku-buku ada dihadapannya. Hal tersebut kawan-kawan buktikan saat mengelilingi desa sambil membawa buku-buku yang dibawa seperti armada Pedati Pustaka Bayalangu dan Literasi Pelajar Tegalgubug dan kawan-kawan yang membawa buku di tas ransel beserta kawan-kawan lainnya. Penelitian yang menyebutkan minat baca di Indonesia rendah bukan persoalan orangnya melainkan fasilitas bacaannya yang belum memadai.


RONGSOKAN KERTAS

Rongsokan kertas sangatlah berarti bagi kawan-kawan untuk memperbanyak koleksi-koleksi buku untuk bergerak. Di samping itu dengan harga perkilonya yang cukup murah Rp 4000 1 kg tepatnya di Desa Panguragan Cirebon. Disini kawan-kawan banyak menemukan buku-buku sejarah, anak-anak dan yang lainnya. “Jangan pernah memikirkan kami, tapi nikmatilah apa yang kami beri Insya Allah bermanfaat.” Berawal dari niat yang ikhlas tanpa adanya bantuan dana, disinilah kawan-kawan belajar untuk mandiri dan tak bergantung. Sisa waktu yang kawan-kawan luangkan selalu bermanfaat untuknya terutama anak-anak di sekolah dan lingkungan.

Indahnya berbagi walau hanya buku bekas yang kawan-kawan dapati, akan tetapi buku bekas bukan berarti ilmunya bekas pula. Buku adalah suatu informasi yang didalamnya terdapat ilmu-ilmu pengetahuan atau cerita-cerita yang menarik. “Bagi kawan-kawan tak ada sesuatu hal yang percuma, dengan apa yang dijalankan sekarang pasti akan ada balasannya.” Demi generasi anak bangsa yang semakin berat dalam menghadapi suatu sistem, maka kawan-kawan membuat sistem sendiri.


BUKU

Banyak sekali buku-buku bacaan yang telah kumuh di tempat pembuangan sampah, sebut saja itu rongsokan, tapi dari suatu hal itu bukan berarti minat bacanya rendah dan mengabaikan buku. Akan tetapi mungkin karena sudah tak terpakai. Itu adalah hasil yang yang sangat berarti untuk bisa berbagi bersama manusia yang memanusiakan manusia. Berjalan dengan sistem mobile Kemasyarakat akan mudah untuk mendapatkan akses baca. Jadi untuk menumbuhkan minat baca jangan menunggu mereka datang tapi kita yang harus mendatangi mereka.


Literasi memang sekrang bukan dilihat hanya sekedar membaca dan menulis tapi awal dari semuanya itu adalah buku maka buku sangatlah pentung untuk menambah wawasan baru, informasi baru dan imajinasi baru.


Buku memuliakan manusia memang benar karena dari membaca buku seseorang itu bisa tau dengan apa ang ia baca dan insya Allah akan bermanfaat untuk selamanaya.


MEMBACA

Pernyataan Najwa Shihab bahwa membaca sebenarnya adalah proses menautkan. Menghubungkan antara teks, proses berpikir dengan realita. Sehingga menghasilkan segudang pengetahuan dengan pengalaman-pengalaman keilmuan yang relatif baru dan lebih variatif. Hal ini adalah salah satu penyebab kita secara tak sadar akan memiliki kemampuan kritis yang baik dalam menerima suatu informasi. 


Informasi ini tentu sangatlah penting bagi kita ebagai relawan Pustaka Bergerak dalam memberi pengetahuan baru terhadap anak-anak yang kita jumpai untuk selalu aktif dalam menerima suatu informasi. 





Artikel Terkait

Belajar Tauhid Dari Corona

Menyebarnya Virus Corona Atau Covid-19 Ke Penjuru Negeri, Telah Membuat Manusia Heboh Oleh Berita Atau Opini Yang Tersebar Di Tengah Masyarakat, Khususnya Di Jagat Maya.dampaknya Adalah Rasa...

Sekilas Tentang Taman Baca Ndc

Membaca Adalah Sebuah Proses Untuk Dapat Mengenal Kata-kata Dan Memadukan Menjadi Arti Kata Dan Menjadi Kalimat Dan Struktur Baca. Membaca Merupakan Satu Proses Yang Harus Di Tumbuhkan Pada...

Senandung Yang Hilang

Senandung Tidak Lagi Kudengar, Hilang Seiring Kian Larutnya Malam,seiring Hembus Sayup-sayup Udara Menjelang Isya.senandung Itu Semakin Lama Semakin Menghilang Suaranya,entah Kapan Lagi...

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul