Beberapa Tips Agar Sukses Dalam Studi

Picture by Silferius Hulu

Ditulis Oleh : Silferius Hulu - 08 Mei 2020

Kesuksesan studi tentu saja mengandung pengertian banyak hal yang mengagumkan dan positif. Sukses dalam studi bisa berarti nilai bagus, indeks prestasi tinggi, banyak pengagum karena prestasi, menang, bebas dari rasa gelisah-frustasi, dan memiliki self respect. Tidak seorang pun mendapatkan kesuksesan dari usaha yang minimalis. Artinya, harus berani memeras keringat, kerja keras dan menggunakan waktu dengan efisien, disiplin, dan tidak lekas putus asa.


1.   Sukses tidak datang tanpa usaha


Saya mengutip beberapa pendapat para ahli untuk membantu permenungan saya dalam tulisan ini.

- Bernard Haldane dalam bukunya How to Make a Habit Success, mengatakan demikian, “A success is a high quality achievement” (Sukses adalah suatu hasil yang bermutu tinggi).

- D. Paul Reilly dalam bukunya Success is Simple berpendapat bahwa sukses sebagai “The progressive realization of worthy goal or ideal” (Pencapaian yang berangsur-angsur meningkat terhadap suatu tujuan atau cita-cita berharga).

- Lila Swell mengatakan bahwa, “Success is any event or experiences that you remember as self fulfilling” (Sukses adalah peristiwa atau pengalaman yang Anda mengingatnya sebagai kepuasan diri).

- Mortimer J. Adler menyimpulkan bahwa “Success means never feeling tired” (Sukses berarti tidak pernah merasa lelah).


Dari beberapa pendapat di atas saya menyimpulkan bahwa sukses adalah pengalaman seseorang dalam mencapai suatu tujuan yang diperjuangkannya. Tujuan yang dicapai itu merupakan prestasi bernilai tinggi yang memberikan kepuasan bagi pelakunya, bahkan sering mendatangkan imbalan yang bersifat material, psikologis, dan sosial.


Untuk mencapai kesuksesan membutuhkan usaha, yakni ketekunan dan kerja keras. Sejarah membuktikan bahwa seorang genius pun lebih merupakan product ketekunan daripada daya tangkap otak semata. Semakin saya tekun mencapai tujuan, maka semakin memberi saya peluang untuk meraih kesuksesan.

Lord Lytton pernah menulis demikian, ”Orang yang lebih berhasil dari teman-temannya ialah mereka yang sejak muda sudah tahu dengan jelas tujuannya, dengan demikian terbiasa untuk mengarahkan kekuatannya ke tujuan itu”. Dengan cara inilah saya dapat memeroleh hal-hal yang berarti dalam hidup saya.

2. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri


Rasa percaya diri sangatlah penting dalam segala segi kehidupan. Hampir dalam segala langkah hidup diperlukan adanya rasa percaya diri yang menguatkan langkah. Cydle dalam bukunya Improving Your Self-Confidence mengemukakan bahwa rasa percaya diri tergantung pada bagaimana perasaan tentang diri sendiri. Walaupun banyak faktor yang memengaruhi tumbuhnya rasa percaya diri seperti faktor ekstern (misalnya lingkungan sekitar), namun yang paling mendasar adalah faktor intern (dari dalam diri sendiri). Dalam hal ini diperlukan usaha untuk mengenal diri sendiri, menanamkan sikap hormat kepada orang lain, berani menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk orang lain, menjalin relasi baik dengan orang lain, dan menguji kepercayaan diri.


3.   Memperdalam Hidup Iman/Rohani


Allah adalah penyayang, pemelihara, dan pendamping hidup. Memperdalam hidup iman akan memberikan keberanian kepada saya untuk menghadapi hidup dengan segala tantangannya. Mempertebal iman berarti membuka harapan baru setiap kali saya mengalami kegagalan, menumbuhkan semangat keberanian, menghilangkan rasa takut dan cemas, serta bersukacita dan mengucap syukur kepadaNya dalam segala hal.



Komentar

Lihat Komentar Lainnya
Ronita Ignasia
Ronita Ignasia 2020-05-08 22:16:08

Mantab frater

silferius hulu
silferius hulu 2020-05-08 23:02:09

Lanjutkan hal yang sama.

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul