Autophile

Picture by Ummu Kultsum

Ditulis Oleh : Ummu Kultsum - 02 Agustus 2020

Dua November 2019, adalah bukan pertama kalinya aku pergi, dan do something sendiri. Dekat atau jauh, dan apapun aktivitasnya, nyatanya sendiri terkadang memang lebih banyak memberi arti. Salah satu sendiriku yang berarti, adalah saat aku banyak disuapi hikmah, dan inspirasi kala itu di Ranah Minang, Padang. Melakukan preparation sendiri, terbang sendiri, dan nekat melakukan presentasi sendiri (bahkan untuk sebuah Paper yang kami buat secara 'tidak sendiri').


Namun, apakah aku benar-benar sendiri? No. Selain Tuhan & bayangku, aku bersama keyakinanku, bahwa aku ini bukanlah the one & only human in the world. Jadi, tenang saja pada kesendirian. Bahwa kau pasti akan temui orang baru, di tempat yang kau tuju, bisikku dalam hati. Kau tak akan benar-benar sendiri bung!


Sekurang-kurangnya, kuakui bahwa sendiri tak jarang membuatku menjadi pribadi yang lebih teliti, dan hati-hati. Karena aku tau aku sendiri. Orang baru nan baik hati sekalipun, belum tentu mau kita repoti untuk hal-hal yang sepele. Jadi, keputusan untuk go & do something sendiri turut membuatku untuk be well prepared sebelum benar-benar pergi


Tapi, 

Beberapa orang agaknya sering kutemui terlalu snap judgement (terlalu cepat membidik kesimpulan) pada mereka yang sendiri. Sendiri untuk makan, jalan, kajian, belanja, hingga trip ke luar kota. Mereka kadang berpikir yang sendiri itu introvert, atau karena tak ada kawan, padahal orang yang benar mengenalku tentu paham aku tak lebih pantas disebut pendiam, dan yang perlu kalian tahu bahwa sendiri itu pilihan bagi sebagian orang. Dan bagiku, sendiri adalah waktuku untuk menyelam lebih dalam siapa aku. Adalah waktu untukku bercengkerama dengan jiwaku. Menikmati detil peristiwa saat itu dengan mata, dan hatiku, dan merekamnya indah dalam keping memoriku, enjoy!


Dan jangan lupa, bahwa yang suka sendiri, bukan berarti tak menghendaki kolaborasi. Itu sudah konsekuensinya sebagai 'Makhluk Sosial'. Maka, teman, dan pasangan tetap ia butuhkan. Hanya saja, setiap orang rasanya perlu tahu satu hal. Bahwa ada jenis-jenis manusia, dimana saat Ia sendiri, berarti Ia tengah berperan sebagai bagian dari orang yang menyukai kesendirian. Merekalah, Autophile


John Doe
Ummu Kultsum
I'm a book enthusiast, an author of @januaribercerita at Instagram, and also a content creator-mostly on youtube (my YT Channel: Januari Bercerita).

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul