Apakah Mengeluh Menyelesaikan Semuanya?

Apakah Mengeluh Menyelesaikan Semuanya?

Ditulis Oleh : Charity Sarah - 05 Februari 2021

Pandemi COVID-19 membawa perubahan yang sangat besar di Indonesia bahkan dunia. Sejak awal kedatangannya, virus ini sudah memakan banyak korban jiwa, mulai dari orang yang tidak kita kenal hingga keluarga dan kerabat kita sendiri menjadi mangsa dari virus ini. Kesedihan, kehilangan, dan rasa marah melekat pada setiap individu. Tak banyak yang dapat dilakukan selain hanya berdoa dan menjaga diri kita sendiri, juga membantu mengingatkan orang lain agar tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. 


Dalam situasi seperti ini, banyak keluhan yang keluar dari mulut kita. Kita mengeluhkan mengapa virus ini harus ada, mengapa keluarga atau kerabat kita harus menjadi mangsa dari virus yang mematikan ini? Belum selesai dengan virus COVID-19, kini beberapa daerah di Indonesia mengalami goncangan yang dahsyat, adanya gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir bandang di Kalimantan Selatan yang memakan cukup banyak korban jiwa, menimbulkan luka baru di hati masyarakat Indonesia. Keluhan, teriakan, tangisan tak henti-hentinya berdatangan, lagi-lagi tak ada yang dapat kita lakukan selain berdoa dan memberikan bantuan semampu kita.


Lantas, apakah dengan mengeluh menyelesaikan semuanya? Apakah pandemi dan bencana adalah akhir dari semuanya?


Bagi beberapa orang mungkin jawabannya adalah ya. Ya, bagi mereka yang menjadi mangsa dari pandemi dan bencana. Ya, bagi mereka yang telah menyelesaikan pertandingan mereka di dunia. Tetapi, bagi kita, ya bagi kita yang masih bertahan sampai hari ini, kita masih punya harapan. Harapan yang sangat besar untuk melanjutkan hidup, melanjutkan tongkat estafet dari mereka yang sudah mendahului kita. Saatnya kita untuk berdiri, hilangkan keluh, dan tatap masa depan! 


Mengeluh tidak akan menyelesaikan semuanya, malah akan menjadi beban yang tidak perlu. Buang keluh dan bersyukurlah untuk semua hal yang terjadi dalam hidup, waktu terus berputar hargai semua yang kita miliki saat ini, meskipun mungkin yang tersisa hanya tinggal diri kita sendiri, bertahanlah dan bersyukurlah. Ingat, tidak semua hal dapat kita kontrol, ada banyak hal yang berada diluar kendali kita dan itulah yang membuat kita menjadi manusia, yaitu penuh dengan keterbatasan. Jangan mencoba menjadi Tuhan karena kita tidak akan mampu. Bersyukur dan bersyukurlah. Nikmati semua proses, persoalan yang terjadi, karena persoalan yang terjadi akan membuat kita menjadi lebih kuat dan lebih mengenal diri kita sendiri. Jangan lupa juga untuk tetap mengandalkan Tuhan, karena kekuatan kita sebagai manusia terbatas, hanya Tuhan yang sanggup untuk menolong kita. 


Dalam situasi seperti ini, mari sibukkan diri dengan hal-hal yang positif yang dapat menambah nilai diri kita. Seperti membaca buku, untuk memperluas pengetahuan, kemudian melakukan ataupun menemukan hobi yang kita sukai, seperti memasak ataupun bercocok tanam. Bisa saja dari hobi-hobi tersebut menjadi sesuatu yang menghasilkan untuk diri kita! Wah, sekali menyelam minum air! Jackpot! 

Jangan lupa juga untuk selalu beristirahat yang cukup agar imun tubuh kita meningkat dan tentunya terus semangat untuk menjalani hari. 


Mari, ubah keluh jadi ucapan syukur! Karena mengeluh tidak ada gunanya.


Stay Safe, Stay Healthy, Be Happy!  


(Ditulis Oleh: Charity Sarah Dias - Mahasiswi LSPR Communication and Business Institute).




John Doe
Charity Sarah
Seorang mahasiswi aktif semester 3 di LSPR Communication and Business Institute, jurusan Public Relations.

Artikel Terkait

Mewarnai, Alternatif Relaksasi Di Tengah Pandemi

Semenjak Siang Anak-anak Telah Berdatangan Ke Tbm Sou Mpelava. Sebagian Mengaku Sengaja Datang Lebih Awal Agar Tidak Terlambat. Tampaknya Mereka Sudah Tak Sabar Mengikuti Kegiatan Kelas Mewarnai...

Resiko Penyebaran Covid-19 Melalui Barang...

Saat Ini Berbagai Belahan Dunia, Salah Satunya Indonesia Sedang Berjuang Melawan Virus Yang Mampu Menghambat Seluruh Kegiatan Manusia Dan Merenggut Banyak Nyawa. Covid-19, Tak Terlihat Namun...

Hand Sanitizer Merupakan Salah Satu Alat...

Covid – 19 Merupakan Penyakit Yang Mengganggu Sistem Pernapasan. Covid – 19 Dapat Menyerang Siapa Saja Tetapi Lebih Beresiko Apabila Menyerang Lansia Dan Ibu Hamil. Sehingga, Hand Sanitizer...

Komentar

Belum ada yang berkomentar

Silahkan login dahulu untuk berkomentar

Home

Artikel

Data Simpul

Home

Artikel

Data Simpul