Pustaka Bergerak Indonesia

Pustaka Bergerak Indonesia adalah jaringan masyarakat madani yang secara sukarela bekerjasama untuk membangun kekuatan dan kemandirian masyarakat lokal dalam menyebarkan bacaan bermutu dan membangun budaya ilmiah, khususnya di wilayah yang sarana perhubungannya masih kurang berkembang. Jaringan yang disebut Simpul Pustaka ini bekerja dengan konsep bahwa perpustakaan harus datang menemui pembaca, khususnya kalangan anak-anak, dan bukan menunggu didatangi. Pustaka pertama-tama adalah kata kerja, baru kemudian menjadi kata benda.


Mitra lokal sekaligus pengelola pustaka datang dari aneka latar belakang: tukang rawat kuda, tukang tambal ban, mantan wartawan yang meninggalkan pekerjaan tetapnya demi mengembangkan jaringan, seniman yang memilih kembali ke kampung untuk mengembangkan tanah kelahirannya, mahasiswa putus sekolah yang bertekad melanjutkan pendidikan formalnya, dll.



Pustaka Bergerak Indonesia menaungi dan memperkuat Simpul Pustaka di seluruh Indonesia. Melalui platform Pustaka Bergerak Indonesia, seluruh pegiat literasi maupun masyarakat umum dapat saling terhubung dan berkolaborasi. Mulai dari berbagi buku, berbagi pengalaman, berbagi ilmu dan berbagi inspirasi seputar kegiatan literasi.


Pustaka Bergerak Indonesia diinisiasi oleh Nirwan Ahmad Arsuka, lulusan Fakultas Teknik UGM, Yogyakarta. Sehari-hari aktif dalam kegiatan kebudayaan dan ilmu pengetahuan.



Aplikasi Pustaka Bergerak adalah sebuah platform untuk mempertemukan para pegiat literasi yang berada dalam Simpul Pustaka Bergerak Indonesia. Selain itu, platform ini juga bertujuan menjadi tempat berbagi informasi dan pengetahuan seputar kegiatan literasi.

...

Nirwan Ahmad Arsuka
Penanggung Jawab

Lulusan Fakultas Teknik UGM, Yogyakarta. Sehari-hari aktif dalam kegiatan kebudayaan dan ilmu pengetahuan.