...
GKB
| 2018-03-26 20:23:57

Pustaka bergerak indonesia

Taman Baca GKB Istiqamah Buka Lapak Baca Gratis

Membaca akan membuka cakrawala luasnya dunia. Dengan membaca, wawasan akan semakin luas sehingga dapat melakukan dan mempertimbangkan banyak hal serta keputusan dengan matang dan bijak. Survei yang dilakukan UNESCO, minat baca (literasi) di Indonesia hanya menempati urutan ke-61 dari 62 negara yang terdata. “Prestasi” yang sangat jomplang bagi salah satu negara besar dengat jumlah penduduk lebih dari 256 juta jiwa.

 

Dalam rangka meningkatkan minat literasi masyarakat, An-Nur Community (ANC) berdiri pada Oltober 2017, bertempat di Kabupaten Bangkalan, Madura. ANC salah satunya bergerak dalan bidang literasi dengan berbagai programnya seperti penerbitan buletin jum’at, menggagas taman baca yang diberi nama Gubuk Kutu Buku (GKB), menyelenggarakan bedah buku, seminar-seminar, dan memberi motivasi bagi siswa-siswa untuk gemar membaca.

 

Program GKB telah berjalan rutin sejak awal tahun 2018 dan hadir setiap Ahad pagi di Halaman Stadion Gelora Bangkalan.

 

Ahad (18/3) ini, GKB tetap konsisten dengan mendirikan taman baca sebagaimana biasanya. Perlahan namun pasti, GKB mendapatkan respon yang cukup bagus dari masyarakat. Orang-orang silih berganti membaca dan berinteraksi dengan personil GKB.

 

“Dulu di awal-awal memang cuma beberapa orang saja yang berkunjung dan membaca di sini, paling tidak lebih dari sepuluh orang,” kata Ubay, Co. Founder ANC.

 

Senada dengannya, Rizal penanggung jawab program GKB mengatakan dengan konsistensi, perlahan akan membuahkan hasil. “Kita terus konsisten mempublikasikan program-program ANC, termasuk GKB dan alhamdulillah sudah ada peningkatan,” jelasnya.

 

GKB diharapkan akan menjadi salah satu sarana yang mampu meningkatkan minat baca masyarakat, terkhusus di Kabupaten Bangkalan.



Komentar