Menuju Indonesia Banjir Buku 2020, Pustaka Bergerak Indonesia Gencar Berkolaborasi

Dalam dua tahun ke depan, data yang menempatkan Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara dengan tingkat minat baca terendah akan menjadi mitos belaka. Pasalnya, sejak Mei 2017, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan PT Pos Indonesia mengirim buku gratis ke seluruh penjuru Indonesia, setiap tanggal 17. Program yang kemudian dikenal dengan nama Free Cargo Literacy ini menjembatani para donatur buku dengan simpul Pustaka Bergerak sehingga distribusi buku merata ke setiap daerah. Selama setahun perjalanan Free Cargo Literacy, PT Pos Indonesia telah mengangkut paket buku sebanyak 25.580 koli, berat total 160, 463 ton (data April 2018).

Tak berhenti di situ saja, upaya Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) berkelanjutan dengan mendorong semua elemen dari berbagai sektor untuk bergerak menyebarkan buku ke berbagai daerah di Indonesia. Tujuannya untuk mencapai harapan kemajuan literasi dan menciptakan Indonesia banjir buku pada 2020. 

 

Beberapa bulan terakhir telah banyak yang mendukung dan terlibat dengan gerakan ini. Mulai dari lembaga pemerintahan, aktivis, pegiat keagamaan, sektor perbankan, bahkan partai politik. Seperti yang dilakukan relawan Golkar Jokowi (GoJo) yang menyerahkan 56 paket lebaran buku dan Danamon Adira berbagi buku 35 paket.

Tentunya, gerakan ini diharapkan dapat menstimulasi siapapun untuk ikut terlibat sehingga dapat menghapuskan stigma bahwa masyarakat Indonesia malas membaca. 

 

 



Komentar