Jalan yang lurus (Sirotol Mustaqim)

Bismillahirrahmanirrahim.

Jalan yang lurus (Sirotol Mustaqim)

Dalam permohonanya kepada Alloh yang diajukan hingga 17 kali dalam sehari oleh seorang muslim tentu bukan sembarang permohonan.

Jalan yang lurus (Sirotol Mustaqim) adalah jalan yang telah Alloh berikan kepada orang2 yang telah Alloh anugrahi nikmat yaitu para Nabi, para Siddiiqiin, para Syuhada dan para Sholihin karena mereka taat kepada Allah dan RosulNya sebagainana Alloh nyatakan dalam firmaNya

"Dan barangsiapa yang mentaati Alloh dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Alloh, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya" Qs 4:69.

Jalan yang lurus (Sirotol Mustaqim) merupakan suatu2nya jalan yang akan mengantarkan penggunanya mendapatkan kebahagiaan sejati baik didunia maupun akhirat yang kekal abadi.
Alloh berfirman :
"(Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya kedalam surga yang mengalir didalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar" Qs 4:13

Allohpun menetapkan mekanisme permohonanya dengan mendahulukan menyebut asma Alloh yang maha pengasih lagi maha penyayang.
(Bismillahirrahmanirrahim) Qs 1:1
kemudian dilanjutkan memujiNya.
(Segala puji hanya milik Alloh yang menguasai Alam semesta) Qs 1:2
lalu diiringi pernyataan bahwa hanya kepada Alloh saja beribadah dan memohon.
(Iyyaka na'budu waiyyaka nastaiin) Qs 1:5.
Ighdinassyiroothol mustaqiim)Qs 1:6.
Lalu dipertegas jalan lurus yang dimintanya.
(Yaitu jalan yang telah engkau berikan nikmat kepada mereka)
Bukan jalan orang yang dimurkai dan bukan jalan orang yang sesat Qs 1:7.

Tak hanya itu, Alloh dalam hal ini sampai mewajibkan untuk dibaca pada setiap reka'at dalam sholat.

Maka Hendaklah orang2 muslim sadar atas permohonan yang diajukan disetiap rekaat dalam sholatnya itu adalah jalan Orang2 yang taat kepada Alloh dan RosulNya sehingga mereka senantiasa berusaha / memantaskan diri untuk mendapatkanya dengan cara senantiasa taat kepada Alloh dan RosulNya sebagai syarat mutlak.

Inilah jalan manusia yang diberi nikmat karena ketaatanya menjalani perintah Alloh SWT dan Rosul-Nya.

"Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Alloh" Qs 16:123

#Semogabermanfaat
#Serambibacamumutb
#Peduligenerasigemarbelajar
#Jujuritupintuhidayah



Komentar