Sinergi Pustaka Bergerak dengan Lembaga Pemasyarakatan untuk Peningkatan Budaya Membaca dan Menulis Bagi Tahanan, Anak, Narapidana dan Klien Pemasyarakatan

Membaca adalah kemerdekaan bagi setiap manusia. Maka berbagi buku bacaan adalah berbagi rasa kemerdekaan bagi manusia lainnya.

Upaya Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) untuk memberikan rasa merdeka dan berbagi rasa merdeka kembali mendapatkan dukungan dari Direktorat  Jenderal Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Senin, 02 Juli 2018,  pada pukul 14:00 telah dilaksanakan perumusan kerjasama antara PBI dengan Direktorat Lembaga Pemasyarakatan di Jl. Veteran no. 11, Gambir, Kota Jakarta Pusat yang dihadiri oleh beberapa petinggi direktorat lapas.

Beberapa hal yang sudah disepakati dalam perjanjian kerjasama tersebut salah satunya adalah Pustaka Bergerak bersedia memberikan dukungan buku bacaan, pelatihan penulisan, pendampingan dll, serta pihak lapas siap menyediakan tempat dalam berbagai kegiatan literasi, dll.

Perjanjian kerjasama antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Pustaka Bergerak Indonesia ini menyepakati tentang Peningkatan Budaya Membaca dan Menulis Bagi Tahanan, Anak, Narapidana dan Klien Pemasyarakatan.

Perjanjian Kerja Sama ini bertujuan:

a.         Optimalisasi pelaksanaan program pelayanan Tahanan, pembinaan Anak dan Narapidana serta pembimbingan Klien Pemasyarakatan.

b.         Peningkatan kualitas sumber daya manusia Tahanan, Anak, Narapidana dan Klien Pemasyarakatan.

c.         Peningkatan budaya membaca dan menulis bagi Tahanan, Anak, Narapidana dan Klien Pemasyarakatan.

Ruang lingkup Perjanjian Kerja Sama ini meliputi:

1.         Penyediaan sarana prasarana dan bahan bacaan bagi Tahanan, Anak, Narapidana dan Klien Pemasyarakatan di perpustakaan pada RUTAN/LPAS/LAPAS/LPKA/ BAPAS;

2.         Pendistribusian cetakan dan bahan bacaan ke RUTAN/LPAS/LAPAS/ LPKA/BAPAS;

3.         Pemberdayaan peran serta masyarakat dalam berbagi karya literasi kepada perpustakaan RUTAN/LPAS/LAPAS/LPKA/BAPAS;

4.         Penyelenggaraan Kegiatan Literasi.



Komentar